Mengenal Apa Itu Cover Letter dan Cara Menulisnya

By | April 28, 2022

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Terbaru - Berita | Tips | Status  WA

Cover letter berbeda dengan resume atau curiculum vitae. Sebagian besar cover letter memiliki panjang satu halaman dan menggambarkan diri Anda secara umum kepada perusahaan yang Anda lamar. Saat mengirim surat lamaran, Anda harus melampirkan cover letter. Hal ini bisa menjadi nilai plus yang memungkinkan Anda untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya yaitu wawancara kerja.

 

Contoh cover letter, Anda bisa menemukan banyak tersebar di internet. Ada berbagai contoh  dan Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk menuliscover letter untuk aplikasi Anda. Yang terpenting, cover letter yang Anda berikan memiliki 6 poin penting, yaitu detail informasi pribadi, penyelenggara tawaran pekerjaan, sumber tawaran pekerjaan, alasan Anda melamar, dan kesimpulan atau penutup.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika menulis cover letter.

Mulailah cover letter dengan salam atau keinginan Anda. Salam pembuka ditujukan kepada orang yang kepadanya surat itu ditulis. Maka perlu dijelaskan siapa nama atau departemen pemberi kerja.

Penulisan yang menyeluruh memberi kesan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang perusahaan yang Anda lamar, seperti nama, posisi, dan nama perusahaan.

1.     Paragraf pertama

Di paragraf pertama, itu harus berisi mengapa Anda mengirim surat tersebut. Jelaskan dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan yang Anda lamar, serta posisi yang Anda cari.

Berikan penjelasan yang sederhana, namun jelas dan dapat dipahami, serta tidak berbelit-belit. Penjelasan yang singkat dan sederhana memudahkan penerima untuk memahami maksud dan tujuan Anda.

 

2.     Paragraf kedua

Di paragraf kedua, jelaskan mengapa Anda melamar posisi yang Anda pilih. Mengapa Anda tertarik dengan posisi ini? Berikan juga alasan mengapa menurut Anda, Anda adalah kandidat yang baik untuk posisi tersebut.

Jangan lupa untuk menyatakan kemampuan dan keahlian Anda serta apa yang dapat Anda bisa berikan ke perusahaan jika Anda diterima di perusahaan tersebut. Berkat informasi ini, pengusaha menyadari potensi Anda dan semakin yakin untuk menerima Anda  di perusahaan mereka. Ingatlah bahwa semua penjelasan ini tidak boleh terlalu panjang.

 

3.     Paragraf ketiga

Paragraf ketiga menggambarkan pengalaman dan keahlian yang Anda miliki yang dapat mendukung kinerja Anda di posisi yang Anda lamar. Yakinkan perekrut bahwa keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki cocok untuk posisi tersebut.

Jelaskan juga kekuatan dan kelemahan Anda kepada atasan untuk memastikan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Dan Anda juga dapat dengan yakin menyebutkan bahwa keuntungan yang Anda terima akan menguntungkan perusahaan yang Anda lamar.

 

4.     Paragraf akhir

Paragraf terakhir bisa berisi kesimpulan dan salam penutup. Buatlah kesimpulan yang menunjukkan bahwa Anda layak untuk posisi yang Anda inginkan dan sejauh mana Anda berharap untuk berhasil pada tahap seleksi selanjutnya dan diterima untuk posisi tersebut.

Namun, jangan berlebihan dan merasa kasihan pada diri sendiri. Dalam pesan penutup, Anda dapat menulis terima kasih atas kesempatan untuk melamar, serta menunjukkan berapa lama Anda dapat menunggu tanggapan dari pihak perekrut Terakhir, sertakan tanda tangan Anda bersama dengan nama lengkap Anda dan gelar apa pun yang Anda pegang.

Cover letter Anda adalah halaman pertama yang dilihat perekrut di berkas lamaran Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu berlatih menulis surat lamaran yang baik dan benar. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik cover letter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *