6 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Berbagai Organ Tubuh

By | March 17, 2022

Tubuh tidak hanya memerlukan makronutrien seperti karbohidrat atau protein untuk bekerja secara optimal. Asupan mikronutrien seperti vitamin dan mineral juga penting untuk menjaga sistem tubuh. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sering dikonsumsi saat flu melanda atau ketika tubuh terasa kurang fit. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat vitamin C bagi tubuh?

1. Menjaga Sistem Imun

Fungsi utama dan paling terkenal dari vitamin C tentu saja yaitu untuk menjaga sistem imun tubuh. Vitamin C bekerja dengan menyokong produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan inilah yang kemudian berperan menjaga sel-sel kekebalan tubuh manusia sekaligus mencegah kerusakan dari radikal bebas. Di organ penting manusia, vitamin C akan menstimulasi  antibakteri dan mikroba.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari vitamin C yaitu menjaga kulit supaya tetap terasa kencang dan sehat. Vitamin C akan mendorong produksi kolagen di tubuh manusia sehingga bagian kulit akan terlindungi dari kerusakan.

Kolagen juga punya fungsi untuk mengatur pembentukan struktur kulit yang ketika terjadi serangan radikal bebas, produksinya akan menurun. Vitamin C dalam hal ini dapat menjaga produksi kolagen sehingga kulit terhindar dari penuaan dini.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Sebuah jurnal di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa vitamin C memiliki korelasi positif dengan penurunan tekanan darah sistolik. Jika memiliki hipertensi, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C secara berkala setiap harinya untuk menjaga tekanan darah. Kurangi juga asupan garam untuk mengoptimalkan penurunan tekanan darah.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Mata

Tidak hanya vitamin A saja, vitamin C ternyata juga mampu menjaga kesehatan mata. Asupan vitamin C yang cukup setiap harinya bisa mencegah seseorang mengalami katarak. Penelitian juga menemukan bahwa vitamin C bisa membantu mencegah penurunan fungsi pada makula mata.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selanjutnya, vitamin C bisa membantu penyembuhan luka dengan produksi kolagen yang meningkat. Vitamin C akan merangsang pembentukan kolagen di sekitar area luka sehingga proses menutupnya luka dengan jaringan baru menjadi lebih cepat.

6. Mencegah Asam Urat

Saat kandungan asam urat tinggi di dalam darah, maka hal ini bisa membentuk kristal di beberapa persendian tubuh. Hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa nyeri dan bengkak pada bagian sendi.

Asam askorbat yang merupakan nama lain dari vitamin C menjadi nutrisi utama untuk mencegah kejadian ini. Dalam hal ini, Anda perlu mengkonsumsi vitamin C secara teratur minimal selama 30 hari penuh untuk mengurangi kandungan asam urat di darah.

Ada banyak manfaat vitamin C yang bisa Anda peroleh meskipun asupan vitamin C berasal dari bahan alami ataupun suplemen. Selalu pastikan kebutuhan nutrisi vitamin C bisa terpenuhi setiap harinya agar manfaat yang Anda peroleh bisa secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *