Mengenal Texapon, Bahan Kimia Penghilang Noda Minyak

By | February 25, 2022

Jika Anda terbiasa mengurus rumah tangga, Anda mungkin sudah terbiasa dengan aktivitas cuci piring. Untuk mencuci piring agar bersih, Anda memerlukan sabun cuci piring yang tepat dan berkualitas agar dapat mengangkat kotoran, terutama minyak yang menempel di peralatan masak dan makan, seperti panci, piring, gelas dan lain sebagainya.

Sabun cuci piring yang digunakan harus mampu menghilangkan noda minyak, sehingga sabun harus memiliki kandungan texapon atau sejenis bahan kimia penghilang minyak. Bahan kimia tersebut sering digunakan pada produk sabun cuci piring karena terbukti mampu menghilangkan noda minyak di peralatan rumah tangga.

Apa itu Texapon?

Texapon atau Sodium Lauryl Sulfate merupakan salah satu jenis surfaktan yang banyak terkandung dalam produk perawatan tubuh, sabun cuci piring dan lain sebagainya. Istilah texapone sendiri merupakan merek dagang dari sodium lauryl sulfate (SLS). SLS berfungsi untuk menarik air dan memecah minyak, sehingga membantu proses pembersihan. 

Dengan konsentrasi yang tinggi, SLS dapat ditemukan dalam cairan pembersih, salah satunya pada sabun cuci piring karena dapat menghilangkan noda minyak. Tekstur dari sodium lauryl sulfate adalah cairan berbentuk pasta kental tidak berwarna atau bening.

Pemanfaatan Sodium Lauryl Sulfate 

Dengan kandungan yang dimiliki, bahan kimia penghilang minyak ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat sabun cuci piring sendiri di rumah. Berikut ini adalah pemanfaatan SLS dengan cara membuat sabun cuci piring.

Alat dan Bahan

Alat yang digunakan dalam proses ini adalah wadah dan pengaduk. Lalu bahan yang digunakan adalah texapon, sodium sulfate, garam, pewangi dan pewarna.

Cara pembuatan

  1. Tuangkan air dengan jumlah sesuai kebutuhan pada wadah.
  2. Tuangkan texapon ke dalam air, lalu diaduk hingga larut dengan sempurna.
  3. Tambahkan sodium sulfate ke dalam larutan texapon dan diaduk.
  4. Kemudian tambahkan garam (NaCl), pewangi dan pewarna ke dalam larutan, lalu aduk sampai merata.
  5. Diamkan sabun selama 1 hari atau 12 jam hingga busa menghilang. Lalu setelah itu sabun cuci piring siang digunakan.

Texapon dapat Anda temui dalam berbagai produk di kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak heran jika permintaan bahan kimia ini semakin banyak. Anda bisa membeli bahan kimia ini di PT. Indo Daisun Sakti dan mencoba membuat sabun cuci piring sendiri di rumah.