Cara Desain Sampul Buku Menarik

By | February 24, 2022

Sebuah pepatah memang mengajarkan orang-orang untuk tidak menilai sesuatu hanya dari luarnya. Namun dengan pesan ini bukan berarti membuat penulis bermalas-malasan mendesain sampul sebelum cetak buku. Lantas bagaimana cara desain agar terlihat menarik? Tentunya, tidak semua orang paham akan permasalahan ini.

3 Cara Desain Sampul Menarik

Desain sampul menjadi salah satu alasan bagi banyak orang untuk membeli sebuah buku. Dengan menyadari hal ini, penting bagi Anda menyadari bahwa desain menarik harus dilakukan demi menarik daya tarik mereka agar tertarik melakukan pembelian.

  1. Mengetahui Target Pembaca

Dalam menulis sebuah buku, tentu Anda tahu siapa saja yang menjadi target pembacanya. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai faktor pertimbangan untuk menentukan desain sebelum cetak buku. Pasalnya setiap kalangan umur tentu memiliki ketertarikan masing-masing.

Sebelum Anda menentukan desain sampul buku, pastikan untuk mengetahui siapa target pembaca. Cara mudahnya adalah dengan memperhatikan judul dan sinopsisnya guna sekaligus membuat desainnya.

  1. Memetakan Desain

Setelah Anda mengetahui siapa target pembaca, maka kini saatnya untuk memetakan desainnya. Apakah ingin mengusung tema gembira khas anak-anak dan remaja? Atau justru kebahagiaan yang cocok bagi kalangan dewasa?

Hal ini perlu diperhatikan karena akan menggambarkan siapa target pembacanya. Sebuah buku bisa dinilai dari desain sampulnya mulai dari warna, pemilihan font tulisan, gambar dan komponen lainnya yang terlihat menarik.

  1. Menentukan Warna

Langkah terakhir adalah menentukan warna dimana hal ini dianggap sebagai hal paling sulit untuk dilakukan. Pasalnya banyak penulis seringkali kebingungan pada saat memilihnya bahkan membutuhkan waktu terlama.

Ketika membuat desain sampul baik fiksi maupun non fiksi, pastikan mampu menggambarkan bagaimana isi di dalamnya. Misalnya untuk buku bertema misteri dan thriller umumnya akan menggunakan warna gelap seperti hitam, abu-abu gelap dan biru donker.

Bagi Anda yang hendak cetak buku dalam tema apapun, jangan lupa untuk menentukan desain sampul semenarik mungkin. Pastikan gambar dan font tulisannya mampu membuat para penulis merasa penasaran hingga akhirnya mereka memutuskan membeli dan membacanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *