Menolak Naturalisasi, Nyatanya Haruna Soemitro Pernah Memiliki Beberapa Pemain Naturalisasi

By | February 5, 2022
Silvio Escobar Siap Bantu Persija di Piala AFC - Bola Nusantara

source gambar : bolanusantara.com

Berita Bola – Warganet ramai – ramai mencibir anggota Exco, Haruna Soemitro, gegara ia mengatakan tidak setuju dengan proyek naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia. Faktanya, Madura United ternyata tercatat pernah menggunakan jasa 9 pemain naturalisasi.

Haruna mengungkapkan bahwa dirinya termasuk rezim yang tidak setuju dengan naturalisasi. Ia mengaku memang berbeda dengan Ketua PSSI. Ia mengaku kerap berdebat soal naturalisasi.

Sementara itu, PSSI memiliki rencana menaturalisasi empat pemain untuk membela Timnas Indonesia. Keempat pemain tersebut adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Haruna mengaku tidak setuju dengan proyek naturalisasi jika pemainnya memiliki kualitas yang hanya dua tingkat diatas pemain lokal. Disisi lain, saat Haruna menjadi manajer maupun direktur Madura, ia memiliki beberapa pemain naturalisasi. Siapa saja? Simak daftarnya dibawah ini !

  1. Silvio Escobar

Pemain asal Paraguay ini baru bergabung dengan Madura United pada BRI Liga 1 2021/2022. Silvio Escobar belum mampu menunjukkan performa impresif di lini depan Madura United. Ia belum mampu mencetak gol satu pun dari total 16 laga yang dimainkan di BRI Liga 1.

Baginya, Madura United menjadi klub bola asal Pulau Madura kedua yang dibelanya. Pada 2014 lalu, ia pernah membela Persepam Pamekasan saat masih menjadi pemain asing.

  1. Greg Nwokolo

Setelah berpetualang bersama Police Toro ke Thailand pada musim 2016, Greg Nwokolo kembali pulang ke Indonesia pada musim 2017. Nwokolo membela Madura United dan terus bertahan hingga BRI Liga 2021/2022.

Ia dan Madura United sempat berpisah jalan di Piala Menpora 2021 serta putaran pertama BRI Liga 1. Namun, keduanya kembali bekerja sama pada putaran kedua. Pemain berusia 36 tahun tersebut akan melanjutkan kisahnya dengan Madura United.

  1. Beto Goncalves

Pada musim 2021 di Liga 2, Beto Goncalves memutuskan untuk membela Persis Solo. Usai membawa Persis Solo menjadi juara Liga 2, sekaligus promosi ke Liga-1 ia harus kembali ke Madura United pada paruh kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Sebelumnya, Beto bermain bersama Laskar Sape Kerap mulai dari 2019 hingga 2020. Ia mencetak 21 gol dari 30 laga yang dimainkan bersama Madura United.

  1. Sackie Doe

Nama Sackie Doe sempat diumumkan sebagai bagian dari Laskar Sape Kerap untuk Liga 1 2019. Namun, karena posisi naturalisasinya belum rampung. Ia tidak bisa didaftarkan pada awal musim.

Usai mendapatkan status sebagai WNI, Sackie Doe malah didepak Madura United. Saat itu menurut Haruna, sackie Doe terlihat kalah bersaing dengan pemain lokal.

  1. Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame membela klub Madura United pada musim 2017 dan 2018. Statusnya saat itu masih pemain asing. Nah pada tahun 2019, Madura United menjadi ‘sponsor’ bagi Fabiano Beltrame untuk mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia.

Di tengah jalan, ia pindah ke Persib Bandung . Kemudian Madura United mencabut berkas naturalisasi Fabiano Beltrame. Ia memang belum pernah bermain untuk Madura United dengan status pemain naturalisasi. Namun, awal mula pengajuan dokumen naturalisasi Fabiano Beltrame memang berasal dari Madura United.

  1. Raphael Maitimo

Raphael Maitimo memulai kiprahnya di Indonesia pada 2013 lalu, setelah membela Timnas di ajang Piala AFF 2012. Maitimo yang merupakan pengelana terus berganti – ganti klub setiap musim.

Pada 2018 kemarin, Maitimo menjadi direktur Madura United. Namun, performa Maitimo tidak cukup memuaskan. Meski sudah mencetak tiga gol dari 10 laga, ia dilepas pada putaran Kedua Liga 1 2018. Kemudian Maitimo membela Persebaya Surabaya.

Maitimo merupakan satu – satunya pemain naturalisasi Madura United yang berdarah Indonesia.

 

Demikianlah beberapa informasi berita bola tanah air, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *