Fortune Indonesia : Berita Ekonomi dan Bisnis Terbaru

By | February 3, 2022

Telah Hadir! 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021

IDN Media merupakan salah satu perusahaan media digital yang selalu menghadirkan inspirasi khususnya bagi kaum millenial dan Gen Z di Indonesia. Hal ini bisa dilihat IDN Times selalu menyajikan informasi-informasi terbaru yang mengusung tema kehidupan sehari hari. Sehingga tidak aneh kalau situs ini menjadi pilihan utama bagi para millenial dan Gen Z.

Kelebihan dari IDN Media adalah memiliki artikel yang berkualitas. Di situs ini ini anda bisa menemukan banyak artikel berkualitas, hal ini bisa dilihat dengan minimnya typo atau salah ketik.

Kelebihan lainnya dari IDN Media adalah karena channelnya sangat banyak, salah satunya kanal terbarunya adalah Fortune Indonesia.

Pada kuartal ketiga tahun 2021, IDN Media berkomitmen akan menghadirkan sebuah media informasi bisnis global yang terpercaya, transparan dan membantu pembacanya untuk fokus pada bidang finansial. Adapun media informasi tersebut bernama Fortune Indonesia.

Media informasi bisnis yang satu ini nantinya akan menyasar banyak kalangan, seperti para pengambil keputusan, profesional, pebisnis, eksekutif, dan lain sebagainya.

Fortune Indonesia : Berita Ekonomi dan Bisnis akan menghadirkan berita-berita ekonomi dan terkini. Berikut beberapa berita ekonomi dan bisnis terbaru :

  1. Akibat Beban Bunga Numpuk, Kemenkeu Kurangi Utang Tahun Ini

 

Febrio Nathan Kacaribu, selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, memastikan bahwa penambahan utang pemerintah akan dikurangi mengingat kondisi pendapatan negara yang mulai pulih. Hal ini juga untuk menepis kekhawatiran tentang tingginya utang yang harus dibayar pemerintah di tahun 2022.

 

Sebagai catatan, alokasi dana untuk pembayaran bunga utang tercatat mencapai Rp405,87% atau sekitar 20,87% dalam APBN tahun ini. Adapun rinciannya adalah, sebesar Rp393,69 triliun untuk pembayaran bunga utang dalam negeri dan Rp12,17 triliun untuk bunga luar negeri.

 

“jadi jangan khawatir. Di 2022, utangnya akan lebih terkendali,” kata Febrio, Rabu (12/1).

Selain itu, menurut Febrio besarnya alokasi pembayaran bunga utang dalam APBN 2022 juga belum mempertimbangkan kondisi penerimaan negara dan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

 

Adanya UU HPP untuk memberikan ruang bagi pemerintah guna mengoptimalkan penerimaan pajak tax amnesty hingga penambahan tarif PPh orang pribadi.

 

  1. Berkat Insentif Pajak, Penjualan Mobil 2021 Hampir 900 Ribu

 

Upaya pemulihan perekonomian dalam negeri sepertinya berdampak positif terhadap industri otomotif. Hal ini bisa dilihat dengan kinerja penjualan mobil tahun lalu yang kembali meningkat, dan hal ini diperkirakan terjadi berkat adanya stimulus pajak pemerintah.

 

Dalam hal ini, Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa penjualan mobil secara wholesale pada 2021 mencapai 887.202 unit, atau tumbuh sekitar 66,8% dari 532.027 unit pada 2020. Sementara penjualan mobil secara ritel (dari diler ke konsumen) juga ikut naik sebesar 49,8% menjadi 863.348 unit. Seperti yang diketahui pada Maret hingga Desember 2021 yang lalu pemerintah memberikan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), baik untuk mobil dengan kapasitas di bawah 1.500 cc maupun 1.500 cc hingga 2.500 cc.

 

Ketika insentif diterapkan secara perdana, penjualan mobil pada Maret 2021 langsung meningkat 72,6% menjadi 84.915 unit secara bulanan. Kemudian, setelah itu penjualan mobil relatif terus meningkat, kecuali pada April, Mei, Juli, dan Oktober. Dan Desember menjadi bulan penjualan tertinggi sebanyak 96.673 unit.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang rangkuman berita dan bisnis terbaru dari Fortune Indonesia, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *