10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (terbaru Tahun 2021)

By | January 28, 2022

Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Tetapi, bagaimana bila Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Baik mantel atau ponco juga setelan, jas hujan dianggap lebih sanggup menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.

Ada banyak sekali macam merek jas hujan yg rupawan, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yg bisa Anda gunakan buat berbagai aktivitas. Sebelum itu, kami akan mengungkapkan juga cara memilihnya. Jangan dilewatkan, ya!Pembaharuan terakhir: 26 Januari 2021

Sebelum membeli jas hujan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu poin-poin apa saja yg harus diperhatikan. Berikut ini ulasannya.

Periksa fitur-fitur berdasarkan jas hujan

Fitur utama yg wajibdimiliki produk jas hujan merupakan tahan terhadap air hujan & nyaman dikenakan. Seperti yg kita tahu, seluruh jas hujan umumnya dibentuk dari bahan waterproof. Tetapi, tentunya suatu produk memiliki fitur waterproof, ketahanan terhadap air, dan daya kelembapan yang berbeda-beda. Mari kita periksa fitur-fiturnya!

Agar aman ketika hujan lebat, pilih produk dengan taraf resistansi tekanan air yang tinggi

Tingkat waterproof berdasarkan bahan jas hujan mampu ditinjau dari resistansi terhadap tekanan air. Tekanan terhadap air mengacu pada kemampuan bahan menahan air agar nir merembes masuk ke dalam jas hujan. Makin tinggi resistansi terhadap tekanan air setiap produk, makin baik produk tadi menghalau rembesan air.

Misalnya, saat hujan nir terlalu lebat & Anda mengenakan jas hujan & payung, tingkat resistansi tekanan air yg cukup merupakan kurang lebih 200 MM sampai 1000 MM. Di sisi lain, saat hujan lebat & Anda ingin mengenakan jas hujan, lebih aman bila Anda memilih produk menggunakan resistansi tekanan air lebih kurang 10.000 MM. apabila Anda ingin berjaga-jaga buat menghadapi hujan lebat atau angin topan saat mendaki gunung & lainnya, pilihlah produk dengan resistansi tekanan air kurang lebih 20.000 MM.

Agar mudah dibersihkan, pilih bahan water-repellent yg sanggup menolak air

Jika Anda ingin yang mudah dibersihkan, kami merekomendasikan jas hujan berbahan water-repellent (kemampuan menolak air) yang tinggi. Jika bahan waterproof akan menciptakan jas hujan nir menyerap air, bahan water-repellent akan menciptakan air yang jatuh di bagian atas jas hujan lewat begitu saja. Apabila tingkat water-repellent-nya baik, Anda hanya perlu menggoyangkannya saja untuk menjatuhkan air menurut bagian atas jas hujan.

Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati waktu mengendarai sepeda atau motor. Hal ini lantaran dikhawatirkan produk yg Anda beli tidak didukung fitur waterproof, tetapi hanya mempunyai taraf water-repellent yang baik saja. Bisa-sanggup tempat duduk Anda digenangi oleh air!

Agar makin nyaman, pilih produk dengan daya serap kelembapan yang tinggi

Jas hujan adalah benda yg gampang basah di bagian dalamnya. Agar Anda lebih nyaman waktu animo hujan, pilihlah produk menggunakan tingkat permeabilitas (daya serap atau kemampuan cepat kemarau) yg tinggi. Dengan demikian, air yg tersisa di bagian luar jas hujan akan cepat turun. Bagian pada jas hujan yang lembap pun akan menguap dan cepat kering. Anda akan merasa nyaman bila tingkat daya serap atau kemampuan mengeluarkan residu air paling sedikit 5.000 gr/㎡ atau 8.000 gram/㎡ pada saat 24 jam. 

Salah satu bahan jas hujan yg mempunyai daya serap kelembapan yang tinggi adalah Gore-Tex. Bahan ini nir disarankan dikenakan ketika cuaca panas lantaran karakteristiknya yang mengganti udara panas menjadi dingin. Saat cuaca panas, sebaiknya Anda menggunakan jas hujan berdasarkan bahan lain.

Pilih bahan yg sesuai menggunakan kebutuhan Anda

Bermacam-macam bahan dipakai buat menciptakan jas hujan. Jika Anda mengutamakan fitur waterproof, pilihlah produk berbahan vinil. Tetapi, bila Anda memprioritaskan dalam kemudahan bergerak atau mobilitas, bahan nilon atau poliester kami rekomendasikan.

Jas hujan berdasarkan PVC atau EVA yang dibuat menurut vinil sangat digdaya menghalau hujan, tetapi ke 2 bahan ini sedikit berat. Bahan ini sangat cocok buat jas hujan karena tahan terhadap rembesan air. Namun, lantaran berat, bahan ini menyulitkan mobilitas Anda.

Di sisi lain, bahan nilon dan poliester bersifat ringan & memudahkan mobilitas. Namun, kedua bahan ini memiliki ketahanan air yang kurang baik. Selain itu, nilon & poliester akan bocor atau merembes apabila digunakan dalam ketika usang. Maka dari itu, pilihlah produk menurut bahan yg sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek berukuran yang sinkron buat Anda

Ukuran jas hujan acapkali kali berdasarkan dalam tinggi badan. Tetapi, bila Anda menentukan menurut tinggi badan saja, dikhawatirkan bagian perut Anda akan sesak sehingga susah berkiprah. Bagi Anda yang berfokus dalam kenyamanan pada bagian perut, pilihlah ukuran yg pas menggunakan pinggang Anda.

Karena jas hujan dikenakan di luar pakaian, sebaiknya Anda menentukan ukuran yg lebih akbar dari berukuran pakaian sehari-hari. Sebelum membeli, cobalah jas hujan tersebut beserta menggunakan pakaian Anda. Kemudian, pastikan ukurannya sinkron dengan tinggi badan dan lingkar pinggang Anda.

Pilih desain produk yg sesuai dengan pemakaian

Jas hujan didesain majemuk dengan beragam fungsi. Pilihlah produk yang sinkron dengan tujuan pemakaian Anda. 

Desain ponco disarankan buat Anda yg ingin tampil stylish

Jas hujan tipe ponco sangat kami rekomendasikan buat Anda yang mengutamakan desain menjadi penunjang penampilan. Tipe ini dapat digunakan buat kegiatan sehari-hari. Tipe ini jua mempunyai beragam desain yang membuatnya cocok dikenakan sang wanita dan anak-anak.

Terdapat pula tipe ponco yg didesain berlengan atau tanpa lengan, Anda bisa memilih yang sesuai selera. Kebanyakan tipe ini portabel alias gampang dibawa. Akan namun, tipe ponco kurang cocok dikenakan ketika hujan lebat atau hujan berkepanjangan. 

Desain breathable cocok buat kegiatan outdoor & olahraga

apabila Anda memakai jas hujan buat aktivitas outdoor atau berolahraga jogging, pilih produk yang didesain breathable. Selain dibuat breathable atau bersirkulasi udara baik, produk yg memudahkan konvoi sangatlah recommended. Jika jas hujan didesain dengan bahan jaring (mesh) di bagian belakang, Anda akan nyaman karena nir terasa lembap.

Selain itu, elastisitas jas hujan akan memengaruhi pergerakan. Anda akan sulit beranjak jika ukurannya terlalu akbar. Namun, Anda sanggup mengatur ukurannya bila bagian leher & ujung celana jas hujan dilengkapi dengan perekat velcro. Akan lebih pas lagi bila jas hujan Anda dilengkapi menggunakan karet.

Desain setelan kondusif buat pengendara motor atau sepeda

apabila Anda membeli jas hujan buat mengendarai motor atau sepeda, pilihlah desain setelan yang bagian atas & bawahnya terpisah, atau jas hujan yang bisa menutupi semua bagian sepeda. Selain itu, produk dengan rona yg mencolok sangat recommended bila Anda seringkali mengendarai kendaraan pada malam hari.

Untuk pengendara sepeda, krusial sekali bagi Anda menentukan produk yg memiliki tingkat daya serap yang tinggi. Hal ini agar jas hujan cepat kemarau & tidak lembap karena Anda mungkin berkeringat waktu mengayuh sepeda. Anda juga perlu berhati-hati waktu duduk pada atas sadel karena dikhawatirkan air akan masuk ke dalam jas hujan & menguap.

Agar gampang dibawa, pilih yg dilengkapi kantong

apabila Anda membawa jas hujan buat berjaga-jaga, terdapat baiknya Anda mempunyai produk yg simpel & compact. Pilihlah jas hujan yang bisa dilipat hingga berukuran kecil sehingga tidak memakan loka di dalam tas. Selain itu, akan lebih mudah apabila jas hujan tadi telah dilengkapi menggunakan kantong penyimpanan khusus.

Jas hujan dengan tingkat ketahanan air yang tinggi & berbahan tebal tentunya susah dilipat. Meskipun sanggup dilipat, jas hujan permanen akan tetap terlihat tebal dan memakan loka. Untuk berjaga-jaga saat hujan turun tiba-tiba, pilihlah produk yang gampang dibawa. Tak lupa, milikilah satu jas hujan lagi pada rumah buat persiapan menghadapi hujan lebat.

10 Rekomendasi jas hujan terbaik

Berikutnya, kami akan menaruh rekomendasi produk-produk jas hujan yg sudah kami sesuaikan dengan cara menentukan pada atas. Anda sanggup mengakibatkan produk-produk di bawah ini sebagai referensi ketika menentukan jas hujan yg sesuai menggunakan kebutuhan. 

10BahanEVAUkuranL, XLDesainPonco, breathableKantong penyimpanan✔︎

9BahanTaslanUkuranS–3XLDesainSetelanKantong penyimpanan✔︎

8BahanWaterproof fabric 10.000 MMWC, Windproof fabric 0 CFM, PES coating PU (outer)UkuranM–XXLDesainSetelanKantong penyimpananX

BahanTidak dijelaskanUkuranAll sizeDesainSetelanKantong penyimpanan✔︎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *